
Khutbah Jumat: Pentingnya Air dalam Kehidupan dan Cara Mensyukurinya
13/10/2023 07:03 JUNAIDIOleh Dr Agus Hermanto MHI, pengurus Komisi Penelitian MUI Lampung
(الخطبة الأولى)
السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ المُشْرِكُوْنَ أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.أَمَّا بَعْدُ
فَيَا عِبَادَ اللهِ! أُوْصِى نَفْسِى وَأَنْتُمْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ, إِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم}، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ.
Ma’asyiral muslimin Rahimakumullah!
Syukur Alhamdulillah, atas izin Allah yang Mahakuasa yang telah memberikan berbagai kenikmatan kepada kita, terutama nikmat sumber daya alam yang ada di bumi ini, agar kita senantiasa dapat menikmati kebesaran Allah.
Shalawat dan slam senantiasa terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang menjadi suri tauladan bagi kita, hingga kita dapat istiqamah beribadah kepada Allah, dan tentunya kita selalu berharap, semoga Allah senantiasa memberikan syafaat dan pertolongan kepada kita, agar kita senantiasa selamat.
Jama’atal mushalliin rahimakumullah!
Melalui minbar yang mulia ini, khatib mengajak kepada para jamaah agar senantiasa menjaga iman dan Islam-nya, hingga senantiasa selalu beribadah kepada Allah dan dengan cara itulah, maka ketakwaan kita akan senantiasa meningkat. Takwa dalam arti yang sebenarnya adalah berupaya menjalankan segala apa yang diperintahkan-Nya dan menjaga apa yang dilarang-Nya.
Firman Allah SWT, dalam Alquran surat al-Araf ayat 57, sebagaimana berikut:
وَهُوَ الَّذِيْ يُرْسِلُ الرِّيٰحَ بُشْرًاۢ بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهٖۗ حَتّٰٓى اِذَآ اَقَلَّتْ سَحَابًا ثِقَالًا سُقْنٰهُ لِبَلَدٍ مَّيِّتٍ فَاَنْزَلْنَا بِهِ الْمَاۤءَ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِۗ كَذٰلِكَ نُخْرِجُ الْمَوْتٰى لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ
Artinya: “Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira, mendahului kedatangan rahmat-Nya (hujan), sehingga apabila angin itu membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu. Kemudian Kami tumbuhkan dengan hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.” (QS al-A’raf: 57).
Dari firman di atas, sesungguhnya dapat dipahami bahwa hujan turun adalah karena kehendak Allah SWT, semata, sedangkan manusia hanya dapat berikhtiar untuk dapat meminta hujan, misalnya. meskipun secara ilmiah dapat digambarkan tentang bagaimana proses air hujan turun ke bumi, namun secara pastinya bahwa Allah-lah pemilik kekuasaan alam jagat raya ini yang menciptakan segala apa yang dikehendaki.
Hadirin jamaah shalat Jumat yang berbahagia!
Laut merupakan keajaiban lainnya yang ada di buminya Allah SWT, dalam kehidupan makhluk dipanet ini. Karena laut merupakan bagian penting dari bumi, maka terjadinya laut tidak akan lepas dari proses pembentukan bumi. Para ilmuan mengatakan bahwa terjadinya laut adalah awal ketika ada genangan air di bumi, karena pembentukan bumi mengalami masa yang bertahap, hingga pembentukan laut juga bersifat dinamis.
Bermula dari air hujan yang turun ke bumi, sebagimana keterangan dalam surat al-Mukminun ayat 18. Dan Allah menciptakan langit dan bumi pada awalnya menyatu, hingga dipisahkan keduanya, dan baru adanya kehidupan, sedangkan kehidupan tersebut bersal dari air, sebagaimana firman Allah dalm surat al-Anbiya: 30.
Laut merupakan salah satu tempat manusia mencari kehidupan, laut tampak tidak bertepi, namun kedalamannya bisa mencapai ribuan meter, dan menyimpan air yang tak terhitung volumenya. Keanekaragaman hayati dan bahan mineral yang tersimpan di bawah permukaan laut tak terbayangkan jumlahnya. Makhluk seperti ikan terus bereproduksi dalam jumlah yang sangat banyak untuk menyediakan mata rantai makanan bagi aneka makhluk termasuk manusia. Kalaupun terjadi saling memangsa, itu tidak dilihat dalam bentuk sadis melainkan sebuah mekanisme yang dibuat oleh Allah agar keseimbangan hidup dapat berlangsung.
Air laut tidak pernah beristirahat barang sekejapun dalam bentuk gelobang air ataupun gerakan di bawah permukaan. Kedangkalan gelombang itu membentuk berbagai pola yang dapat disebut sebagai pola yang dapat dilakukan secara peraturan, tapi pada saat yang berbeda, gerak itu tampak sama sekali kacau, atau gelombang itu sangat rendah sehingga riak-riaknya seolah tidak terasa. Jelasnya bahwa setiap partikel air itu muncul dan tenggelam bergerak kedepan dan kebelakang tiada henti.
Air laut menutup lebih dari 70 persen permukaan bumi yaitu 3/5 dari belahan bumi utara. Sedangkan kedalaman laut sekitar 3.800 m. bandingkan dcengan ketinggian rata-rata daratan yang hanya sekitar 840 m. terdapat 300 kali lebih banyak ruang hidup yang tersedia dalam lautan daripada di darat dan udara. Sebagaimana surat al-Nahl ayat 14:
وَهُوَ الَّذِيْ سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوْا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَّتَسْتَخْرِجُوْا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُوْنَهَاۚ وَتَرَى الْفُلْكَ مَوَاخِرَ فِيْهِ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Artinya; “Dan Dialah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya, dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai. Kamu (juga) melihat perahu berlayar padanya, dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur.” (QS al-Nahl: 14).
Sebagaimana nikmat yang diberikan Allah SWT kepada manusia, sehingga manusia dapat mengambil sebagian ikan yang ada dilautan, dan bahkan mutiara. Allah, menganugerahkan kepada manusia berupa kenikmatan baik yang ada di langit maupun buminya Allah. Sebagaiamna firman-Nya dalam surat Ibrahim ayat 32:
اَللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ ۚوَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِى الْبَحْرِ بِاَمْرِهٖ ۚوَسَخَّرَ لَكُمُ الْاَنْهٰرَ
Artinya: “Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air (hujan) dari langit, kemudian dengan (air hujan) itu Dia mengeluarkan berbagai buah-buahan sebagai rezeki untukmu; dan Dia telah menundukkan kapal bagimu agar berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan sungai-sungai bagimu.” (QS Ibrahim: 32).
Hanya orang-orang yang berimanlah yang dapat mengerti dan memahami fungsi Allah menciptakan lautan yang seakan tidak ada tepinya. Allah juga menganugerahkan pikiran kepada manusia hingga akhirnya mampu menghubungkan satu tepi ketepi lainnya dengan menciptakan segala kapal, untuk mengangkut barang dan lainnya.
Allah SWT, mencipakan air hujan untuk dapat menyuburkan dan menghijaukan tanaman. Sebagaimana firman Allah dalam surat al-Baqarah ayat 164, sebagai berikut:
اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِيْ تَجْرِيْ فِى الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنَ السَّمَاۤءِ مِنْ مَّاۤءٍ فَاَحْيَا بِهِ الْاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيْهَا مِنْ كُلِّ دَاۤبَّةٍ ۖ وَّتَصْرِيْفِ الرِّيٰحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ
Artinya: “Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati (kering), dan Dia tebarkan di dalamnya bermacam-macam binatang, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, (semua itu) sungguh, merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti.” (QS al-Baqarah: 164).
Dalam surat lain Allah SWT, berfirman dalam surat al-Rahman ayat 19-20, sebagaimana berikut:
مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ يَلْتَقِيٰنِ بَيْنَهُمَا بَرْزَخٌ لَّا يَبْغِيٰنِۚ
Artinya: “Dia membiarkan dua laut mengalir yang (kemudian) keduanya bertemu, di antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing.” (QS al-Rahman: 19-20).
Sebagaimana juga dalam surat al-Furqan ayat 53, sebagaimana berikut:
وَهُوَ الَّذِيْ مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ هٰذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ وَّهٰذَا مِلْحٌ اُجَاجٌۚ وَجَعَلَ بَيْنَهُمَا بَرْزَخًا وَّحِجْرًا مَّحْجُوْرًا
Artinya: “Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.” (QS al-Furqan: 53).
Gambaran air laut adalah asin, namun tidaklah merata kadar keasinannya, ada sebagian dari air laut juga tawar sesuai kadarnya yang tidak sama antara satu samudra dengan bentangan samudra lainnya. Laut yang memberi banyak manfaat kepada manusia berupa lokasi mata pencarian untuk memenuhi kebutuihan hidupnya, menjadi sarana transformasi antar pulau yang murah, menjadi wisata bahari, bahkan menjadi inspirasi bagi banyak hal, ternyata juga memiliki potensi bencana bagi manusia, sehingga manusia harus tetap merawat kelestariannya, agar lautan tetap dalam keseimbangan, dan tidak terhadi beberapa hal yang menyebabkan bencana tersebut.
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah!
Air sungai mengalir dari hulu menuju lautan yang luas atau danau. Air sungai secara ilmiah terbentuk dari sumber mata air atau air hujan yang tidak terserap kedalam tanah, hingga kemudian mengalir kedataran yang paling rendah dan sampai kedanau atau lautan lepas. Dimana ada pegunungan, maka disitulah terdapat sungai yang mengalir air dibagian bawahnya. Air sangatlah bermanfaat untuk kehidupan, termasuk manusia. Alllah SWT, berfirman dalam surat ar-Ra’d ayat 3, sebagaimana berikut:
وَهُوَ الَّذِيْ مَدَّ الْاَرْضَ وَجَعَلَ فِيْهَا رَوَاسِيَ وَاَنْهٰرًا ۗوَمِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ جَعَلَ فِيْهَا زَوْجَيْنِ اثْنَيْنِ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
Artinya: “Dan Dia yang menghamparkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai di atasnya. Dan padanya Dia menjadikan semua buah-buahan berpasang-pasangan; Dia menutupkan malam kepada siang. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berpikir.” (QS ar-Ra’d: 3).
Kata anhar merupakan jamak dari nahr yang berarti sungai-sungai, sebagaimana digambarkan dalam surganya Allah mengalir di dalamnya sungai-sungai.sungai yang mengalirkan air deras pada awalnya adalah sumber mata air yang kecil, hingga mengalir dan berkumpul menjadi aliran yang deras. Di sela-sela batu, maupun pohon hijau mengandung banyak air. Allah SWT, berfirman dalam Alquran surat al-Baqarah ayat 74:
ثُمَّ قَسَتْ قُلُوْبُكُمْ مِّنْۢ بَعْدِ ذٰلِكَ فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ اَوْ اَشَدُّ قَسْوَةً ۗ وَاِنَّ مِنَ الْحِجَارَةِ لَمَا يَتَفَجَّرُ مِنْهُ الْاَنْهٰرُ ۗ وَاِنَّ مِنْهَا لَمَا يَشَّقَّقُ فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَاۤءُ ۗوَاِنَّ مِنْهَا لَمَا يَهْبِطُ مِنْ خَشْيَةِ اللّٰهِ ۗوَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُوْنَ
Artinya: “Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, sehingga (hatimu) seperti batu, bahkan lebih keras. Padahal dari batu-batu itu pasti ada sungai-sungai yang (airnya) memancar daripadanya. Ada pula yang terbelah lalu keluarlah mata air daripadanya. Dan ada pula yang meluncur jatuh karena takut kepada Allah. Dan Allah tidaklah lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS. al-Baqarah ayat 74)
Begitu dahsyatnya Allah menciptakan alam semesta dengan segama ketertibannya. Di dalam batu-batuan yang keras di sana terdapat aliran-aliran sungai sebagaimana Allah berfirman dalam surat ar-Rad ayat 17:
اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَسَالَتْ اَوْدِيَةٌ ۢ بِقَدَرِهَا فَاحْتَمَلَ السَّيْلُ زَبَدًا رَّابِيًا ۗوَمِمَّا يُوْقِدُوْنَ عَلَيْهِ فِى النَّارِ ابْتِغَاۤءَ حِلْيَةٍ اَوْ مَتَاعٍ زَبَدٌ مِّثْلُهٗ ۗ كَذٰلِكَ يَضْرِبُ اللّٰهُ الْحَقَّ وَالْبَاطِلَ ەۗ فَاَمَّا الزَّبَدُ فَيَذْهَبُ جُفَاۤءً ۚوَاَمَّا مَا يَنْفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِى الْاَرْضِۗ كَذٰلِكَ يَضْرِبُ اللّٰهُ الْاَمْثَالَ ۗ
Artinya: “Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah ia (air) di lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengambang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti (buih arus) itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan tentang yang benar dan yang batil. Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak ada gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan.” (QS al-Ra’ad: 17).
Dengan adanya grafitasi bumi, hingga air dalam tanah senantiasa bergerak, sehingga ia mengalir kedataran yang paling rendah, hingga terkumpul dan mengaliri sungai-sungai dan menjadi manfaat yang sangat besar bagi makhluk dan kehidupan, termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Semua dinamika alam akan terpengaruh pada pasang surutnya air yang ada, sebagaimana firman Allah SWT, dalam surat ar-Ra’ad ayat 17 tesebut dijelaskan.
Adapun terjadinya erosi dimana-mana sejatinya adalah karena ulah manusia yang melakukan penggundulan hutan dimana-mana, hingga pepohonan dan penghijauan tidak lagi ada. Padahal Allah SWT, memberi peringatan pada surat ar-Rum ayat 41, sebagaimana berikut:
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ
Artinya: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS ar-Rum: 41).
Banyak sekali kejadian alam yang terjadi yang disebabkan karena kesombongan manusia, hingga akhirnya dapat menyebabkan segala bencana yang melanda dan merugikan kehidupan, tidak hanya manusia, tapi juga hewan, tumbuhan bahkan mikroba. Maka manusia harus senantiasa ingat atas tugasnya di dunia ini, yaitu sebagai hamba Allah yang senantiasa beribadah kepada-Nya, sebagai khalifah yang memimpin segalam kehidupan di dalam bumi, dan sebagai pemakmur bumi, agar manusia senantiasa nyaman hidup di dalamnya.
Jamaah shalat jumat yang mulia!
Allah SWT, menjabarkan segala kekuasaannya di dalam Alquran yang merupakan pedoman bagi manusia, termasuk adanya bentuk aliran air di dalam buminya Allah, sebagaimana dalam surat al-Zumar ayat 21:
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَسَلَكَهٗ يَنَابِيْعَ فِى الْاَرْضِ ثُمَّ يُخْرِجُ بِهٖ زَرْعًا مُّخْتَلِفًا اَلْوَانُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰىهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَجْعَلُهٗ حُطَامًا ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَذِكْرٰى لِاُولِى الْاَلْبَابِ
Artinya: “Apakah engkau tidak memperhatikan, bahwa Allah menurunkan air dari langit, lalu diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi, kemudian dengan air itu ditumbuhkan-Nya tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, kemudian menjadi kering, lalu engkau melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal sehat.” (QS az-Zumar: 21)
Setelah jatuh kebumi, maka air hujan itu terbagi menjadi tiga, yaitu; pertama, menguap kembali karena pemanasan, Kedua, mengalir dipermukaan sungai, hingga mengalir kedanau, kolam, sawah atau cekungan tanah, Ketiga, terserap kedalam tanah. Yang tersimpan kedalam tanah, akan tetap tersimpan dalam kelembapan dan sebagaian mengalir dalam sela-sela bebatuan yang lebih dalam dan tersimpan di dalam tanah.
Di dalam tanah, juga mengalir aliran dari hulu yang paling tinggi menuju yang paling rendah dan bergerak mengikuti grafitasi bumi. Allah SWT, berfirman dalam surat al-Qamar ayat 12.
وَّفَجَّرْنَا الْاَرْضَ عُيُوْنًا فَالْتَقَى الْمَاۤءُ عَلٰٓى اَمْرٍ قَدْ قُدِرَ ۚ
Artinya: “Dan Kami jadikan bumi menyemburkan mata-mata air maka bertemulah (air-air) itu sehingga (meluap menimbulkan) keadaan (bencana) yang telah ditetapkan.” (QS al-Qomar: 12).
Air yang terdapat di dalam tanah, terdapat yang rendah dan dalam, kedalamannya hingga mencapai 50 meteran kedalam, sedangkan air yang dangkal di dalam bumi biasanya air sumur. Hal ini terjadi sedemikian rupa sebagai bentuk kebesarn Tuhan, dan air yang dalam tanah ini disebut sebagai air tanah.
Pada umumnya terjadinya pergerakan air karena adanya pori-pori, sehingga ia berpindah dari satu titik ketitik yang lainnya. Sebagaimana dijelaskan dalam surat al-Baqarah ayat 74.
ثُمَّ قَسَتْ قُلُوْبُكُمْ مِّنْۢ بَعْدِ ذٰلِكَ فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ اَوْ اَشَدُّ قَسْوَةً ۗ وَاِنَّ مِنَ الْحِجَارَةِ لَمَا يَتَفَجَّرُ مِنْهُ الْاَنْهٰرُ ۗ وَاِنَّ مِنْهَا لَمَا يَشَّقَّقُ فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَاۤءُ ۗوَاِنَّ مِنْهَا لَمَا يَهْبِطُ مِنْ خَشْيَةِ اللّٰهِ ۗوَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُوْنَ
Artinya: “Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, sehingga (hatimu) seperti batu, bahkan lebih keras. Padahal dari batu-batu itu pasti ada sungai-sungai yang (airnya) memancar daripadanya. Ada pula yang terbelah lalu keluarlah mata air daripadanya. Dan ada pula yang meluncur jatuh karena takut kepada Allah. Dan Allah tidaklah lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS al-Baqarah: 74).
Fenomena tersebut di atas menunjukkan bahwa tnah tidaklah akan berfungsi dengan baik, kecuali adanya air yang membasahinya, Allah SWT, berfirman dalam Alquran surat al-Hajj ayat 63:
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۖ فَتُصْبِحُ الْاَرْضُ مُخْضَرَّةًۗ اِنَّ اللّٰهَ لَطِيْفٌ خَبِيْرٌ ۚ
Artinya: “Tidakkah engkau memperhatikan, bahwa Allah menurunkan air (hujan) dari langit, sehingga bumi menjadi hijau? Sungguh, Allah Mahahalus, Maha Mengetahui.” (QS al-Hajj: 63).
Dalam surat yang lainnya Allah juga berfirman:
اَمَّنْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَاَنْزَلَ لَكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَنْۢبَتْنَا بِهٖ حَدَاۤىِٕقَ ذَاتَ بَهْجَةٍۚ مَا كَانَ لَكُمْ اَنْ تُنْۢبِتُوْا شَجَرَهَاۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗبَلْ هُمْ قَوْمٌ يَّعْدِلُوْنَ ۗ
Artinya: “Bukankah Dia (Allah) yang menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air dari langit untukmu, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah? Kamu tidak akan mampu menumbuhkan pohon-pohonnya. Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Sebenarnya mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran).” (QS al-Naml: 60)
Air tersebut senantiasa mengalir dari dataran yang tinggi menuju yang rendah. Sebagaimana dijelaskan dalam surat al-Naml ayat 61:
اَمَّنْ جَعَلَ الْاَرْضَ قَرَارًا وَّجَعَلَ خِلٰلَهَآ اَنْهٰرًا وَّجَعَلَ لَهَا رَوَاسِيَ وَجَعَلَ بَيْنَ الْبَحْرَيْنِ حَاجِزًاۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗبَلْ اَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُوْنَ ۗ
Artinya: “Bukankah Dia (Allah) yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengokohkan)nya dan yang menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Sebenarnya kebanyakan mereka tidak mengetahui.” (QS al-Naml: 61)
Dan dari gunung-gunung tersebut air mengalir kedalam dataran yang paling rendah kesungai-sungai hingga kedanau. Allah SWT, berfirman dalam Alquran surat ar-Ra’ad ayat 3.
وَهُوَ الَّذِيْ مَدَّ الْاَرْضَ وَجَعَلَ فِيْهَا رَوَاسِيَ وَاَنْهٰرًا ۗوَمِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ جَعَلَ فِيْهَا زَوْجَيْنِ اثْنَيْنِ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
Artinya: “Dan Dia yang menghamparkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai di atasnya. Dan padanya Dia menjadikan semua buah-buahan berpasang-pasangan; Dia menutupkan malam kepada siang. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berpikir.” (QS ar-Rad: 3).
Air yang ada di tanah dalam biasanya memiliki kualitas tanah yang subur, karena lembab dan diendami air selama air berada di sekitarnya. Allah mahasegalanya, hingga Allah ciptakan air hujan sebagai bibit biji-bijian pada tanah, kita tidak dapat membayangkan betapa suburnya tanah yang disiram dengan air, nyaris kita tidak melihat belahan tanah yang tidak ada tumbuhannya, meskipun berada dalam pot yang kecil dari segumpal tanah, selama disiram dengan air, ia akan tumbuh tumbuhan, sehingga kita tidak dapat mebayangkan darimana bibit tanaman atau bibit rumput tersebut.
Sidang jamaah shalat yang berbahagia!
Air yang berada di atmosfer, berupa gas atau uap, yang berasal dari laut atau permukaan bumi yang menguap akibat dari panasnya matahari. Allah SWT, berfirman dalam Alquran:
اللَّهُ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ فَتُثِيرُ سَحَابًا فَيَبْسُطُهُ فِي السَّمَاءِ كَيْفَ يَشَاءُ وَيَجْعَلُهُ كِسَفًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ ۖ فَإِذَا أَصَابَ بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ إِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُونَ
Artinya: “Allah, Dialah yang mengirim angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya, tiba-tiba mereka menjadi gembira.” (QS ar-Rum: 48).
Terjadinya air di atmosfer karena adanya pelembapan udara dari satu tempat ketempat yang lain. proses penguapan tersebut sejatinya adalah proses pendinginan, karena untuk menguapkan air dibutuhkan energi, hingga uapan air tersebut terus menguap mengikuti hembusan air. Allah berfirman dalam Alquran surat al-Araf ayat 57.
وَهُوَ الَّذِيْ يُرْسِلُ الرِّيٰحَ بُشْرًاۢ بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهٖۗ حَتّٰٓى اِذَآ اَقَلَّتْ سَحَابًا ثِقَالًا سُقْنٰهُ لِبَلَدٍ مَّيِّتٍ فَاَنْزَلْنَا بِهِ الْمَاۤءَ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِۗ كَذٰلِكَ نُخْرِجُ الْمَوْتٰى لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ
Artinya: “Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira, mendahului kedatangan rahmat-Nya (hujan), sehingga apabila angin itu membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu. Kemudian Kami tumbuhkan dengan hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.” (QS-al-A’raf: 57).
Kandungan uap di udara yang cukup tinggi hingga mencipta awan, dan dari awan tersebut kemudian membentuk gumpalan-gumpalan yang kemudian meleleh menjadi air hujan. Allah berfirman tentang terjadinya awan dalam surat al-Nur ayat 43:
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُزْجِيْ سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهٗ ثُمَّ يَجْعَلُهٗ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلٰلِهٖۚ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاۤءِ مِنْ جِبَالٍ فِيْهَا مِنْۢ بَرَدٍ فَيُصِيْبُ بِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَصْرِفُهٗ عَنْ مَّنْ يَّشَاۤءُۗ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهٖ يَذْهَبُ بِالْاَبْصَارِ ۗ
Artinya: “Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menjadikan awan bergerak perlahan, kemudian mengumpulkannya, lalu Dia menjadikannya bertumpuk-tumpuk, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya dan Dia (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran es) itu kepada siapa yang Dia kehendaki dan dihindarkan-Nya dari siapa yang Dia kehendaki. Kilauan kilatnya hampir-hampir menghilangkan penglihatan.” (QS al-Nur: 43).
Dari gesekan-gesekan awal yang begitu kuat dank eras tersebut menimbulkan gesekan-gesekan mengadi listrik, hingga menimbulkan ledakan-ledakan suara petir. Terjadinya halilintar atau gemuruh tersebut akibat gesekan awan yang begitu tebal. Allah berfirman dalam Alquran surat ar-Rum ayat 24:
وَمِنْ اٰيٰتِهٖ يُرِيْكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَّطَمَعًا وَّيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَيُحْيٖ بِهِ الْاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَاۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ
Artinya: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya, Dia memperlihatkan kilat kepadamu untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dengan air itu dihidupkannya bumi setelah mati (kering). Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mengerti.” (QS al-Rum: 24).
Hujan adalah hasil dari penguapan air murni. Allah berfirman dalam surat al-Furqan ayat 48. Namun realitanya pada saat ini, karena udara sudah tercemar hingga turunnya air hujan membawa uap udara yang tidak lagi murni, sehingga air hujan yang seharusnya menjadi penyubur tanaman, hingga kita sulit tergapainya.
Sebagaimana Allah SWT, berfirman dalam surat ar-Rum ayat 41 tentang kerusakan yang tampak di muka bumi ini akibat dari keserakahan dan kesombongan manusia, hingga Allah swt., memberikan peringatan. Hal itu terjadi karena keserakahan manusia yang lalai atas tugasnya untuk senantiasa memakmurkan bumi jagat raya.
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ
(الخطبة الثانية)
الحَمْدُ ِللهِ الَّذِى تَتِمُّ الصَّالِحَاتِ , وَأَشْهَدُ أَنْ لا إِلهَ إِلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ , اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ,
فَيَا عِبَادَ اللهِ! أُوْصِى نَفْسِى وَأَنْتُمْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ, إِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ ، وَثَنَّى بِمَلاَئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ ، فَقَالَ تَعَالَى وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاً عَلِيْمًا ، تَنْبِيْهًا لَنَا وَتَعْلِيْمًا ، وَتَشْرِيْفًا لِنَبِيِّهِ وَتَعْلِيْمًا "إِنَّ اللهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَااَّلذِيْنَ آمَنُوْ ا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا"
اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وعلى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ الأحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَقَاضِيْ الحَاجَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ ,
اللّهُمَّ لا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لايَخَافُكَ وَلا يَرْحَمُنَا , اللّهُمَّ انْصُرِ المُجَاهِدِيْنَ الَّذِيْنَ يُجَاهِدُوْنَ فِي سَبِيْلِكَ فِي كُلِّ زَمَانٍ وَمَكَانٍ, اللّهُمَّ انْصُرْ مَنْ نَصَرَ دِيْنَكَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ دِيْنَكَ ,
اللّهُمَّ أَعِزَّ الإسْلامَ وَالمُسْلِمِيْنَ وَأَذِّلَّ الشِّرْكَ وَالمُشْرِكِيْنَ وَدَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَانْصُرْ عِبَادَكَ المُؤْمِنِيْنَ,
اللّهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هَذَا الشَّهْرِ المُبَارَكِ مِنَ السُّعَدَاءِ المَقْبُوْلِيْنَ وَ لاَ تَجْعَلْنَا اللّهُمَّ مِنَ الأَشْقِيَاءِ المَرْدُوْدِيْنَ,
اللَّهُمَّ إِنِّا نعُوذُبِكَ مِنْ البَرَصِ، وَالجُنُونِ، وَالجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّءِ الأَسْقَامِ تَحَصَّنَا بِذِى الْعزَّةِ وَالْجَبَرُوْتِ وَاعَتَصَمْنَا بِرَبِّ الْمَلَكُوْتِ وَتَوَكَّلْنَا عَلَى الْحَيِّ الَّذِى لاَ يَمُوْتُ
اللّهُمَّ اصْرِفْ عَنَّا هَذا الْوَبَاءَ وَقِنَا شَرَّ الرَّدَى وَنَجِّنَا مِنَ الطَّعْنِ والطَّاعُوْنِ وَالْبَلاَءِ بِلُطْفِكَ يَا لَطِيفُ يَا خَبِيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ رَبَّنَا لاتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّاب رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
عِبَادَ اللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالعَدْلِ وَالإحْسَانِ وَاِيْتَآءِ ذِيْ القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالمُنْكَرِ وَالبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوْا اللهَ العَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكَمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.
Tags: khutbah jumat, contoh khutbah jumat, redaksi khutbah jumat, khutbah jumat tentang air, khutbah jumat peran air, khutbah jumat manfaat air, khutbah jumat fungsi air, air dalam alquran, pentingnya air